Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2020)

Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP

Agus Yulianto (Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Dian Nopitasari (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia)
Ihlasiani Permata Qolbi (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia)
Rini Aprilia (Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian dengan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif ini dilaksanakan dikelas VII D dan VII E SMP Nusantara 1 dengan sampel sebanyak 25 siswa di kelas VII D dan 29 siswa di kelas VII E. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran role playing, sedangkan variabel dependen adalah kepercayaan diri siswa dengan 4 indikator, kemudian disusun dalam bentuk instrumen angket dengan jumlah 32 butir. Instrumen tersebut sudah diuji validitasnya oleh validator ahli.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...