Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 11 No. 1 (2020): Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi

Rancang Bangun Sistem Informasi Klinik Umum dan Bersalin Berbasis Customer Relationship Management

Siti Monalisa (UIN Suska)
Samsul Ma’arif (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim)
Fitra Kurnia (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Klinik umum dan bersalin Dokter Rini merupakan salah satu klinik yang menyedikan jasa kesehatan. Saat ini, jumlah data pasien klinik yang berkunjung terjadi fluktuatif setiap bulannya dan juga rendahnya pasien yang melakukan konsultasi lanjutan. Hal ini dikarenakan kurang efektifnya pelayanan yang diberikan oleh pihak klinik terhadap pasien dan juga minimnya informasi dalam memberikan pelayanan ke pasien. Oleh karena itu dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pasien maka dibangun sistem informasi customer relationship management (CRM) dengan tipe sistem operasional yang dapat membantu mengelola data pasien dengan baik. Selain itu, sistem ini juga digunakan sebagai media promosi dan informasi serta menjalin komunikasi dengan calon pelanggan dan pelanggan tetap dengan menggunakan dua fase CRM yaitu fase akuisisi dan fase retensi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi klinik berbasis CRM dengan fitur reminder system.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dz

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

Digital Zone journal publish by Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning (Online ISSN 2477-3255 and Print ISSN 2086-4884) This journal publish two periode in a year on May and ...