Saat ini masih banyak perawat tamatan DIII Keperawatan dibandingkan dengan S1 Keperawatan. Dalam menempuh pendidikan harus didukung oleh motivasi yang kuat. Tingginya motivasi mahasiswa terlihat dari jumlah mahasiswa program Non Reguler 8 yang mengalami peningkatan dari sebelumnya. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan motivasi mahasiswa program NR 8 dalam melanjutkan pendidikan Ners di Stikes Syedza Saintika Padang tahun 2017. Jenis penelitian deskriptif analitik, desain cross sectional, dilakukan pada tanggal 28 Juli – 11Agustus 2017. Populasi seluruh mahasiswa program NR 8 Program Studi Keperawatan di Stikes Syedza Saintika Padang pada tahun 2017 (122orang), dengan sampel 55 orang. Teknik sampel stratified proposional random sampling, dan dianalisa dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan kurang dari separuh responden memiliki motivasi yang rendah (40,0%), minat yang rendah (41,8%), penghargaan yang rendah (47,3%) dan dukungan keluarga yang tidak mendukung (41,8%). Hasil analisa bivariat menunjukkan ada hubungan bermakna antara faktor minat (p = 0,000), penghargaan (p = 0,024) dan dukungan keluarga (p = 0,000) terhadap motivasi mahasiswa dalam melanjutkan pendidikan Ners. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan minat, penghargaan dan dukungan keluarga dengan motivasi mahasiswa program NR 8 dalam melanjutkan pendidikan Ners. Saran diharapkan kepada calon perawat profesional agar dapat menggali Ilmu Keperawatan secara teori dan praktek dalam melanjutkan pendidikan Ners.
Copyrights © 2018