Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia
Vol. 11 No. 2 (2016): Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT TRIOTIRTA KARSA ABADI (STUDI KASUS SPECIALIST WATER TREATMENT)

yunengsih yunengsih (Unknown)
Muhammad Ichwan Hamzah (STIE Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan pelanggan pada PT Triotirta Karsa Abadi. Metode penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi berganda, dimana jumlah populasi berjumlah 346 dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampling sistematis yang berjumlah 115 pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya nilai korelasi (R) sebesar 0,673 yang berarti menunjukkan adanya korelasi/hubungan yang kuat antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dengan kepuasan pelanggan. Adjusted (R2) adalah 0,428 atau 42,8% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel kepuasan pelanggan sebesar 42,8% sedangkan sisanya sebesar 57,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Jebi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JEBI (Journal Economics Business Indonesian). The International Journal published by Indonesian Business School. This journal focused on Economics, Business and Management studies. The Journal is published twice a year. The aim of the journal is to disseminate the Economics, Business and Management ...