Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa jauh faktor ukuran perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan aktiva, likuiditas, pertumbuhan penjualan dalam mempengaruhi struktur modal pada perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia untuk tahun 2009 sampai dengan 2011. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 10 perusahaan makanan dan minuman pada sektor industri consumer goods dari tahun 2009 sampai dengan 2011, dimana metode yang digunakan adalah purposive sampling yaitu suatu metode pengambilan sampel yang mengambil obyek dengan kriteria tertentu. Hasil analisis data secara parsial hanya variabel likuiditas dan pertumbuhan penjualan yang menunjukkan adanya pengaruh terhadap struktur modal dengan masing-masing signifikan sebesar 0,0057 dan 0,0080. Kemudian hasil analisis data secara simultan menunjukkan variabel ukuran perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan aktiva, likuiditas, pertumbuhan penjualan secara bersama-sama mempengaruhi struktur modal dan besar pengaruhnya hanya 46,53% dan sisanya sebesar 53,47% dijelaskan oleh variabel lain.
Copyrights © 2015