Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia
Vol. 15 No. 1 (2020): JEBI

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. INTERCALLIN (BATTERY ABC)

yani antariksa (Unknown)
Wasiti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan disiplin kerjaterhadap kinerja karyawan dengan produktivitas kerja sebagai variabel intervening pada PT.Intercallin (Battery ABC). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode SEM (structuralequation modelling) dengan program aplikasi AMOS 7.0. merupakan analisis multivariate yangmenganalisis tentang hubungan antarvariabel dengan lebih kompleks, yang terdiri dari 2 modelyaitu model struktural dan juga model pengukuran. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 200pegawai PT. Intercallin di area pabrik dan area kantor. Teknik pengambilan sampel menggunakansimple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruhpositif dan signifikan terhadap produktivitas kerja. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikanterhadap produktivitas kerja. Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerjakaryawan. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.Produktivitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Budayaorganisasi melalui produktivitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerjakaryawan. Serta disiplin kerja melalui produktivitas kerja berpengaruh positif dan signifikanterhadap kinerja karyawan sedangkan nilai R2 sebesar 0,712 yang artinya kontribusi atau perananbudaya organisasi, disiplin kerja dan produktivitas kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 71,2%,dan sisanya sebesar 28,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang dijelaskan dalammodel. Implikasi dari penelitian ini bahwa Budaya Organisasi, Disiplin Kerja dan ProduktivitasKerja berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan PT. Intercallin, oleh karena itu perusahaandiharapkan selalu memperhatikan serta menjaga dan meningkatkan budaya organisasi, Disiplin danProduktivitas guna menjaga dan meningkatkan kinerjanya, bagi peneliti selanjutnya dapatmelanjutkan penelitian ini dengan menambahkan serta memodifikasi variable penelitian denganmenambah pertanyaan atau pernyataan, sehingga hasilnya dapat lebih baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Jebi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JEBI (Journal Economics Business Indonesian). The International Journal published by Indonesian Business School. This journal focused on Economics, Business and Management studies. The Journal is published twice a year. The aim of the journal is to disseminate the Economics, Business and Management ...