Coding Jurnal Komputer dan Aplikasi
Vol 8, No 2 (2020): Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi

IMPLEMENTASI METODE PROMETHEE DALAM MENENTUKAN CALON PENERIMA BANTUAN PKH BERBASIH WEB (STUDI KASUS: DESA TENGGULI KECAMATAN SAJAD)

, Uray Ristian, Mohani , Cucu Suhery (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2020

Abstract

Saat ini, pengambilan data yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi Program Keluarga Harapan (PKH) untuk pemberian bantuan kepada 20 keluarga kurang mampu di Desa Tengguli Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, dilakukan oleh petugas dengan cara mendatangi rumah-rumah penduduk secara langsung. Data yang diambil oleh petugas antara lain jenis lantai, jenis dinding, dan jumlah orang. Namun dalam proses seleksinya hanya membandingkan data-data yang ada secara kasat mata tanpa menggunakan perhitungan yang sebagaimana mestinya, sehingga membutuhkan waktu yang cukup banyak dalam proses seleksinya. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah sistem yang digunakan untuk menentukan calon-calon penerima bantuan PKH menggunakan metode Promethee. Keluaran yang dihasilkan berupa nilai Net Flow yang digunakan sebagai acuan dalam menentukan calon penerima bantuan berdasarkan urutan nilai Net Flow terbesar ke nilai terkecil. Dari hasil pengujian 200 kepala keluarga, diperoleh nilai Net Flow terbesar adalah 0,219221 dan nilai Net Flow terkecil adalah -0,362437. Berdasarkan hal tersebut, maka yang mendapatkan bantuan PKH pada Desa Tengguli adalah 11 kepala keluarga dari Dusun Pelok, 3 kepala keluarga dari Dusun Pemidingan, 5 kepala keluarga dari Dusun Sawang, dan 1 kepala keluarga dari Dusun Sajat. Sedangkan pengujian sistem aplikasi dilakukan dengan menggunakan White Box, dan diperoleh hasil bahwa sistem sudah berfungsi sesuai dengan rancangan.Kata kunci: PKH, Promethee, White Box, Net Flow, Rangking.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jcskommipa

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Coding adalah Jurnal ilmiah elektronik yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian di bidang komputer dan sistem informasi. Jurnal Coding memiliki karakteristik khas karena memadukan berbagai cabang dalam bidang Ilmu Komputer, sehingga memiliki artikel yang komprehensif. Jurnal Coding terbit 3 nomor ...