Jurnal Bisnis dan Manajemen
Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 7 Nomor 1 Tahun 2020

Analisis Determinan Minat Beli Beras Organik oleh Ibu Rumah Tangga di Desa

Septin Puji Astuti (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta)
Eny Safitri (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat membeli beras organik. Ada lima variabel yang akan diuji untuk melihat keterkaitannya dengan minat beli beras organik. Variabel-variabel tersebut adalah norma subyektif, kesadaran kesehatan, pengetahuan, persepsi terhadap harga, dan sikap sebagai mediasi antara variabel-variabel tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang mereka adalah ibu rumah tangga di Desa Sambi. Sample diambil secara klaster per Rukun Tetangga (RT) dan kemudian dilakukan secara sistematik untuk menjaga data agar memenuhi sifat probabilistik yang menjadi dasar dari path analisis dengan analisis regresi yang akan digunakan untuk analisis data. Hasil dari penelitian ini mengonfirmasi Theory of Planned Behaviour bahwa norma subyektif dengan dimediasi oleh sikap mempengaruhi seseorang untuk membeli beras organik. Selain itu, harga juga berpengaruh kepada ibu rumah tangga untuk memiliki minat beli beras organik. Sementara pengaruh kesadaran akan kesehatan dan pengetahuan terhadap minat beli beras organik, dalam penelitian ini tidak mampu dibuktikan secara nyata.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen covers the areas of financial management science, human resource management, marketing management, and strategic management It also covers the field of ...