E-Journal Cano Ekonomos
Vol. 4 No. 1 (2017)

PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DALAM MEMBELI BERAS LOKAL (STUDI KASUS DESA RAMBAH UTAMA)

Makmur., Eko Purnomo, Yulfita 'Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap minat beli konsumen dalam mengkonsumsi beras lokal di Desa Rambah Utama. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesionerterhadap minat beli konsumen 62 konsumen beras di Desa Rambah Utama dengan menggunakan metode simple Randon sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan analisis terhadapdata-data yang berupa analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas, reliabilitas, teknik analisis regresi linier berganda, uji F, Uji t dan analisis koefisien determinasi (R2). Sedangkan analisis kualitatif dengan menggunakan Tingkat Cpaian Responden (TCR). Dari hasil Tingkat Capaian Responden (TCR) variabel harga memiliki TCR pada klasifikasi tinggi sebesar 78,6%, kualitas produk memiliki tingkat klasifikasi TCR sebesar 80,32%, lokasi memiliki klasifikasi TCR sebesar 74,56% dan minat beli memilki tingkat klasifikasi TCR sebesar 75,68%. Dari hasil analisis regresi linier berganda didapat ketiga variabel (harga, kualitas produk dan lokasi) memiliki pengaruh positif masing-masing sebesar 0,395, 0,327 dan 0,258. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel (harga, kualitas produk dan lokasi) memiliki nilai signifikansi < 0,05, yaitu harga sebesar 0,000, kualitas produk sebesar 0,002,dan lokasi sebesar 0,010. Kemudian melalui uji F diketahui bahwa variabel harga, kualitas produk dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Dalam uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 55,7% variabel harga, kualitas produk dan lokasi berpengaruh terhadap minat beli konsumen, sedangkan sisanya 44,3% dipengaruhi oleh variabellain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

fekon

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Journal Cano Ekonomos diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan dan mempublikasikan artikel ilmiah dari penelitian, makalah, prosiding seminar dan konsep ilmu pengetahuan dalam bidang ekonomi dan sosial. Jurnal Cano Ekonomos diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Isi ...