Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah tingkat penguasaan operasi bilangan asli siswa kelas Va SDN 2 Katobengke; 2) bagaimanakah tingkat penguasaan KPK dan FPB siswa kelas Va SDN 2 Katobengke; 3) apakah ada hubungan antara tingkat penguasaan operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK siswa kelas Va SDN 2 Katobengke. Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) untuk mengetahui tingkat penguasaan operasi bilangan asli siswa kelas Va SDN 2 Katobengke; 2) untuk mengetahui tingkat penguasaan KPK dan FPB kelas Va SDN 2 Katobengke; 3) untuk mengetahui hubungan antara tingkat penguasaan operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK siswa kelas Va SDN 2 Katobengke. Penelitian ini merupakan penelitian kolerasi kuantitatif yang mengkaji hubungan antara konsep operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Va SDN 2 Katobengke tahun 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa. Instrumen dalam penelitian yaitu tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) skor rata-rata tingkat penguasaan konsep operasi bilangan asli pada siswa kelas Va SD Negeri 2 Katobengke adalah 70,93; 2) rerata skor ketetapan KPK dan penguasaan FPB pada siswa kelas Va SD Negeri 2 Katobengke adalah 68,52; 3) Ada hubungan positif antara penguasaan konsep operasi bilangan asli terhadap penentuan FPB dan KPK siswa kelas Va SD Negeri 2 Katobengke sebesar 0,797.
Copyrights © 2020