Jurnal Christian Humaniora
Vol 3, No 2 (2019): November

PERSEPSI SISWA KELAS X TENTANG KREATIVITAS MENGAJAR GURU PAK DALAM MENGGUNAKAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DI SMA NEGERI 1 SIBORONG-BORONG KABUPATEN TAPUT TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Ronny Simatupang (Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong Kabupaten Taput Tahun Pembelajaran 2018/2019, dengan hipotesa 70 % dari yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X yang berjumlah 163 orang dan sampel diambil 30 % sehingga sampel berjumlah 49 orang. Instrument penelitian berupa angket tertutup. Uji coba dilakukan dengan menggunakan teknik sample random kepada 30 siswa kelas X di luar sampel penelitian. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson diperoleh r hitung r tabel (0,05.30) yaitu berada diantara 0,424 s/d 0,728 0,361 dengan demikian instrumen dikategorikan valid. Dan uji reliabilitas instrument dengan rumus Formula Alpha diperoleh r 11 = 0.930 berada pada kategori sangat tinggi, dengan demikian instrument reliabel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong = 77.01 % berada pada kategori baik, artinya siswa sudah memahami dengan baik Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK. Hasil analisis indikator berada pada kategori baik, setiap item angket menunjukkan bahwa hasil persepsinya pada umumnya sudah berada pada kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung dengan t tabel = 5,651 t tabel = 1,684, maka disimpulkan bahwa Persepsi Siswa Kelas X Tentang Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK di SMA Negeri 1 Siborong-borong 70 % diterima kebenarannya.Kata Kunci: Kreativitas mengajar guru PAK Dalam Menggunakan IPTEK

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

humaniora

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Christian Humaniora Jurnal Christian Humaniora (JCH) merupakan salah satu media publikasi yang menghimpun karya ilmiah berkaitan dengan ilmu sosial humaniora yang berbasiskan kekristenan. JCH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Agama Kristen Negeri Tarutung. ...