Tujuan penelitian ini yaituuntuk mengetahui efektivitasbimbingan kelompok dengan teknikpermainan dalam kegiatanekstrakurikuler kepramukaanterhadap pembentukan sikapkepemimpinan siswa SMP TulusBhakti Bekasi tahun ajaran 2016-2017.Penelitian ini mengunakankuasi eksperimen. Desain penelitiannonequivalent pretest posttestcontrol group design. Teknikpengambilan samplingnya yaitudengan stratified sampling. Populasiyang diambil berjumlah 54 siswadengan sampel yang dipilihberjumlah 47 siswa yaitu siswa padaekstrakurikuler pramuka di SMPTulus Bhakti tahunajaran 2016/2017.Dan dibagi menjadi 24 siswakelompok eksperimen dan 23 siswakelompok kontrol.Hasil penelitian menunjukanbahwa terdapat peningkatan yangsignifikan pada sikap kepemimpinansiswa dari sebelum diberikantreatment (pretest) dan setelahdiberikan treatment (post test)kelompok eksperimen atau kelompokyang diberikan treatment denganteknik permainan dalam bimbingankelompok yaitu dibuktikan denganhasil uji normalitas yaitumenunjukan Lhitung 0.1312562 < dariLtabel 0,1808 pada pretest danmenunjukan Lhitung 0.1201657 < dariLtabel 0,1808 yang menandakanbahwa uji normalitas berdistribusinormal, uji homogenitas yangmenunjukan Fhitung 0,4063 < Ftabel2,00 menyatakan bahwa berdistribusihomogen, dan pada uji tmenunjukkan thitung (13,77) > ttabel(1,679), maka H0 ditolak dan Haditerima.
Copyrights © 2018