Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil
Vol 1, No 2 (2020)

PERENCANAAN JUMLAH GARDU PADA TOL PASURUAN-PROBOLINGGO

Khairul Arifin, Devina Candra Puspita Rini, (Staff Ruang Baca Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Brawijaya)
Djakfar, Ludfi (Unknown)
Bowoputro, Hendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2020

Abstract

Jalan tol Pasuruan-Probolinggo dibangun guna meningkatkan perekonomian di wilayah Jawa Timur. Sebelum pembangunan, diperlukan analisis tarif tol ideal berdasarkan sudut pandang pengguna serta analisis potensi pengguna jalan eksisting yang berpindah ke jalan tol dan juga diperlukan perencanaan jumlah gardu tol ideal agar sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum. Penelitian ini menggunakan metode Ability to Pay-Willingness to Pay untuk menentukan besar tarif tol. Selain itu, juga menggunakan metode Stated Preference untuk mengetahui besarnya perpindahan moda. Untuk mencari jumlah gardu ideal menggunakan perbandingan antara tingkat kedatangan dengan tingkat pelayanan gardu tol. Sedangkan model antrian First in First Out digunakan untuk menganalisis sistem pelayanan gardu tol. Berdasarkan hasil analisis, tarif tol ideal (Rp/km) adalah sebesar Rp 870 (golongan I), Rp 1.305 (golongan II), Rp 1.305 (golongan III), Rp 1.740 (golongan IV), dan Rp 1.740 (golongan V).  Penentuan tarif tol tersebut berdasarkan hasil perhitungan penghasilan (revenue) tertinggi yakni sebesar Rp9.953.100/km per hari.  Potensi pengguna jalan yang akan beralih menggunakan jalan tol Pasuruan-Probolinggo seksi IV secara berturut-turut pada tahun 2021, 2025, 2030, 2035, dan 2040 untuk kendaraan golongan I adalah 9200, 11393, 14883, 19443, dan 25399 kendaraan/hari; potensi kendaraaan golongan II adalah sebesar 1776, 2199, 2837, 3753, dan 4902 kendaraan/hari; potensi kendaraaan golongan III adalah sebesar 330, 409, 535, 698, dan 912 kendaraan/hari.  Perhitungan jumlah gardu tol disesuaikan dengan perhitungan potensi pengguna jalan tol Pasuruan-Probolinggo seksi IV pada tahun 2025, 2030, 2035, dan 2040 dengan tingkat kedatangan kendaraan 1541, 2012, 2629, dan 3434 kendaraan/jam.  Maka, jumlah gardu ideal yang diperlukan pada tahun 2025 adalah sebanyak 3 buah, pada tahun 2030 sebanyak 4 buah, pada tahun 2035 sebanyak 5 buah, dan pada tahun 2040 sebanyak 7 buah.

Copyrights © 2020