Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan)
Vol 2 No 1 (2018): Edisi Januari-Juni

Pembinaan Kerjasama Antara Pesantren Darul Amin Aceh Tenggara dengan Pemerintah dan Masyarakat Umum

Ritonga, Muhammad Arifin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

Kecakapan dalam membangun jalinan hubungan masyarakat merupakan suatu seni sekaligus disiplin ilmu sosial yang menganalisis berbagai kecenderungan, memprediksikan setiap kemungkinan konsekuensi dari setiap kegiatanya, memberi masukan dan saran-saran kepada para pemimpin organisasi, dan mengimplementasikan programprogram tindakan yang terencana untuk melayani kebutuhan organisasi dan atau kepentingan khalayaknya. Secara operasional, menjalin hubungan masyarakat dalam sebuah organisasi (lembaga pendidikan) dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain melalui pemberian dan atau penggunaan fasilitas bersama, pelaksanaan kegiatan peningkatan kemampuan siswa, pemanfaatan Sumber Daya Manusia secara mutualisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi yang telah, sedang dan akan ditempuh oleh sebuah lembaga pendidikan islam (pesantren) dalam membina dan menjalin hubungan kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat luas. Data penelitian ini didapat melalui observasi dan wawancara terhadap sejumlah nara sumber yang terlibat langsung dalam proses civitas akademik pesantren serta beberapa stakeholder terkait. Data yang didapat kemudian dianalisis secara kualitatif deskriftif. Dari hasil penelitian didapat bahwa implementasi membina hubungan kerjasama dengan pemerintah atau masyarakat umum di Pesantren Modern Darul Amin, dapa dilihat dari: a. pelibatan struktural Yayasan Pesantren di jajaran pemerintah daerah tingkat II dan tingkat I; b. penyerapan tenaga kerja guru dari masyarakat umum, khususnya masyarakat di sekitar pesantren dan juga penyerapan tenaga pendidik dan kependidikan di Pesantren yang dapat berkiprah dalam masyarakat; c. pelibatan masyarakat umum dan jajaran pemerintah pada event-event penting pesantren; d. pelaporan yang transparan pada tahapan yang wajar. Skills in building relationships and community relations is an art as well as a social science discipline that analyzes various tendencies, predicts every possible consequence of each activity, gives input and suggestions to organizational leaders, and implements planned action programs to serve organizational needs and or the interests of the audience. Operationally, establishing community relations in an organization (lemabaga education) can be done in various ways, including through the provision and or use of shared facilities, the implementation of activities to improve students' abilities, the utilization of Human Resources in mutualism. This study aims to determine the implementation that has been, is being and will be pursued by an Islamic educational institution (pesantren) in fostering and establishing cooperative relations with the government and the wider community. The data of this study were obtained through observation and interviews with a number of resource persons who were directly involved in the process of the pesantren academic community and several related stakeholders. The data obtained is then analyzed qualitatively descriptive. From the results of the study it was found that the implementation fostered cooperative relations with the government or the general public in Darul Amin Modern Islamic Boarding School, can be seen from: a. structural involvement of Islamic Boarding Schools in the ranks of regional and level II regional governments; b. absorption of teacher workforce from the general public, especially the community around the pesantren and also the absorption of educators and education in Islamic boarding schools that can take part in the community; c. involvement of the general public and government officials at important pesantren events; d. transparent reporting at a reasonable stage.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

idarah

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Manajemen Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Analisis Kebijakan Pendidikan, Manajemen Lembaga Pendidikan, Kepemimpinan, Manajemen Sekolah dan Mutu ...