Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tercerminnya karakter manusia yang berkarakter mulai, serta keterampilan sesuai kebutuhan. Upaya pembentukan karakter dengan langkah praktis dalam melaksanakan pendidikan karakter melalui pembiasaan. Karena dalam membentuk karakter perlu ditunjang kecerdasan yang dibentuk untuk anak yaitu. kecerdasan Spiritual, Emosinal dan Intelektual agar tercapainya tujuan pendidikan nasional Disini sekolah Cerdas Nurani membentuk sebuah kurikulum khusus untuk di sekolah, yang diberi nama Kurikulum Habit, tanpa mengenyampingkan kurikulum nasional. Penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, menganalisis data berdasarkan fakta tertulis dan memperkayanya. Dalam melaksanakan Kurikulum Habit terdapat komponen yang menyertainya, komponen tersebut adalah Tentang Kurikulum Habit, Tujuan, Konten/isi, Metode, pelaksanaan dan evaluasi. Perlunya kolaborasi antara guru di sekolah dan orang tua. Serta pembiasaan yang dilakukan tak hanya dilakukan oleh anak, akan tetapi oleh guru di sekolah yang sudah memiliki program habit yang harus dilaksanakan. Karena pengaruh keteladanan dalam pembentukan karakter sangat berperan penting. Selain keteladanan pembekalan keterampilan yang dimana keterampilan tersebut didapatkan dari habit-habit yang selalu dilatihkan baik di rumah ataupun di sekolah. Maka jika pembiasaan itu dilakukan berulang akan menjadikan karakter pada anak dan menjadi sebuah keterampilan pada anak.
Copyrights © 2020