Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin
Vol 1, No 2 (2019): Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin

Cara Belajar Efektif Bagi Siswa Dengan Metode Trance Learning Berbasis Teknologi Multimedia

Fitriansyah, Ahmad (Unknown)
Sibuea, Sondang (Unknown)
Agustino, Rano (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Teknologi multimedia mampu merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi dan menyesuaikan informasi. Bagi pendidik dapat membantu mengembangkan teknik pembelajaran sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Demikian juga untuk siswa, multimedia membantu siswa untuk dapat menyerap informasi secara cepat dan efisien secara mandiri. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan dan kemandirian belajar siswa dapat dilakukan melalui Trance Learning. Trance Learning sendiri merupakan kondisi dimana gelombang otak kita turun dari gelombang beta ke gelombang alfa maupun theta, yang dalam kondisi ini menjadikan pikiran kita cenderung lebih rileks dan fokus terhadap sesuatu. Sehingga dalam kondisi trance ini siswa akan dapat lebih efektif dalam menerima materi yang diberikan dan mengubahnya menjadi pembelajaran mandiriKegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada siswa SLTA sederajat agar dapat masuk ke kondisi trance-nya sehingga siswa tersebut dapat fokus dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru dikelas. Pelatihan diberikan dengan bantuan teknologi multimedia agar siswa lebih mudah menyerap informasi dan mempraktekkannya. Metode pelaksanaan kegiatan dengan melakukan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah SMA Santika, kemudian melakukan pelatihan bagi siswa kelas XII. Hasil kegiatan adalah pelatihan bagi 21 siswa kelas XII SMA Santika yang dilaksanakan pada tanggal 16 September 2019 dengan konten multimedia yang disusun oleh tim pelaksana kegiatan dibantu oleh pakar Hypnotherapy bapak Nur Falah. Para siswa terlihat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan

Copyrights © 2019