Indonesian Journal of Instructional Media and Model
Vol 1, No 1 (2019)

Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Think-Pair-Share

Anisa Yustina Sari (Universitas Veteran Bangun Nusantara)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Bendosari Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016 pada pokok bahasan segiempat melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Bendosari Sukoharjo, sebanyak 29 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan ini dilakukan melalui tiga siklus yang menggunakan metode pengumpulan data dengan tes, pengisian angket dan observasi. Tiap-tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika pokok bahasan segiempat pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Bendosari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijimm

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal of Instructional Media and Model is a scientific journal that contains and disseminate the results of research, in-depth study, and the ideas or innovative work in the field of science education. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of the education ...