Pengembangan media pembelajaran seperti multimedia interaktif memberikan variasi terhadap setiap proses pembelajaran. Materi pembelajaran yang disampaikan melalui visual media elektronik bertujuan untuk memberikan rasa yang berbeda pada siswa dibanding pembelajaran di kelas. Dalam perancangan sistem multimedia interaktif menggunakan alat bantu perancangan sistem yaitu UML (Unified Modelling Language) dan kemudian hasil rancangan diimplementasikan pada aplikasi Adode Flash CS6 berbasis Android, sehingga aplikasi nantinya dapat dijalankan pada platform Android. Aplikasi multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi ini juga dilengkapi dengan menu evaluasi, sehingga setiap siswa yang telah selesai mempelajari materi yang tersaji di dalam aplikasi, dapat mengerjakan beberapa soal yang disediakan. Setelah menyelesaikan soal, siswa juga dapat mengetahui nilai dan jumlah jawaban yang benar dari soal tersebut. Sehingga dengan adanya evaluasi tersebut akan memberikan tolok ukur pada kemampuan siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan langkah-langkah yaitu penelitian pendahuluan, kajian teori, analisa dan perancangan sistem, implementasi sistem dan evaluasi.Kata-kata kunci: Multimedia Interaktif, biologi, UML, Android
Copyrights © 2019