Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING SPEAKING SKILL BYCOMBININGINSIDE/OUTSIDE CIRCLES AND ACADEMIC CONTROVERSY STRATEGY FOR STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL

Chairani, Chairani (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMakalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran berbicara (speaking) pada siswa sekolah menengah atas (SMA). Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakan pengajaran speaking sehingga siswa tertarik dan termotivasi dalam menguasai speaking.Dalam makalah ini, penulis membahas bagaimana pengajaran speaking melalui penggunaan kombinasi strategi Inside/Outside Circles dan strategi Academic Controversy. Strategi kombinasi ini mempermudah guru meningkatkan keinginan siswa dalam belajar. Strategi Inside/Outside Circles dapat meningkatkan keaktifan dan interaksi antar siswa dalam suasana yang santai dan menyenangkan. Siswa membentuk dua lingkaran konsentris yang mana setiap siswa yang ada di lingkaran dalam saling berhadapan dengan siswa yang ada di lingkaran luar dan mereka diberikan kesempatan untuk memberikan pendapat satu sama lain tentang sebuah topik. Kemudian, pada strategi Academic Controversy, siswa dalam sebuah kelompok mendiskusikan sebuah topik yang kontroversial dari dua sudut pandang yang berbeda. Akan tetapi, di akhir diskusi mereka harus memilih atau menetapkan yang mana yang mereka setujui sebagai suatu kesimpulan yang baik. Tujuan dari penggabungan dua strategi ini agar siswa menjadi lebih aktif, efektif dan efisien dalam menguasai speaking. Penulis berharap agar strategi kombinasi ini bisa menjadi panduan bagi guru dalam mengajar speaking. 

Copyrights © 2013