Sosial Budaya
Vol 17, No 1 (2020): Juni 2020

Analisis Praktik-Praktik Islam Kejawen terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Era Modern (Studi Kasus di Desa X Kabupaten Grobogan)

Nur Faridatus So'imah (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Nadya Veronika Pravitasari (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Eny Winaryati (Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Kebudayaan jawa merupakan kebudayaan yang paling tua di Indonesia. Kebudayaan jawa ini memiliki ciri khas yang identik dengan perilaku masyarakat yang memiliki tradisi, perilaku, serta sikap hidup dari masyarakat jawa tersebut. Tradisi dan budaya jawa ini biasa disebut dengan kejawen. Menurut Pranoto (2007), kejawen adalah pola atau pandangan hidup orang jawa yang melakukan kehidupan berdasarkan moralitas atau etika dan religi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan tujuan penelitian untuk mengetahui praktik-praktik islam kejawen yang dilakukan masyarakat di Desa X Kabupaten Grobogan, untuk mengetahui dampaknya terhadap kehidupan masyarakat setempat dan untuk mengetahui perubahan intensitas pelaksanaan praktik-praktik keajwen apakah mengalami peningkatan atau penurunan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observais, wawanara dan dokumentasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan masyarakat dapat sadar untuk menjaga lingkungan sekitar dan mempererat tali silaturahmi antar sesama serta berbuat sesuai dengan ajaran agama masing-masing.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SosialBudaya

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Sosial Budaya (Online ISSN 2407-1684 | Print ISSN 1979-2603), merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sultan Syarif Kasim Riau sejak tahun 2007. Jurnal Sosial Budaya ini merupakan media yang memuat kajian-kajian ilmiah dalam bentuk hasil ...