LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI)


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ANALISIS RATIO KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCOFFOLDING PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI FKIP UMSU

Fatmawarni Fatmawarni (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengembangkan pembelajaran Analisa laporan keuangan dengan model Scoffolding, dengan model scoffolding ini mahasiswa dituntut untuk dapat beraktivitas, dalam mengerjakan persoalan analisis laporan keuangan  dengan bantuan dan bimbingan dari dosen, pada awalnya dan  kemudian secara perlahan-lahan mahasiswa tersebut akan mandiri dan bertanggung jawab terhadap tugas maupun persoalan akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode Tidakan kelas  yaitu suatu metode yang melakukan penerapan pembelajaran di kelas mulai dari perencanaan , pelaksanaan Tindakan, Observasi dan melakukan refleksi. Dengan sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan akuntansi FKIP UMSU semester tujuh  yang mengambil mata kuliah Analisa laporan keuangan sebanyak 40 orang. berdasarkan hasil  analisis data diperoleh bahwa dari 40 orang masiswa yang mencapai diatas kategori tinggi sebanyak  80% dan nilai rata-rata kelas 81. Bahwa adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Scoffolding sehingga model ini dapat dijadikan salah satu alternative pembelajaran dalam matakuliah analisa laporan keuangan.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

LIAB

Publisher

Subject

Education

Description

Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian atau kajian teoritis yang memberikan informasi, ide-ide dan pendapat, selain analisis kritis kemajuan dalam penelitian pendidikan akuntansi. jurnal ini bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi ...