LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI)


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBASIS GAMES TERHADAP MINATBELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH AKUNTANSI PASIVA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP UMSU T.A 2017/2018

Dian Novianti Sitompul (Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UMSU)
Isra Hayati (Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam UMSU)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Direct Instruction terhadap minat belajar mahasiswa pada mata kuliah Akuntansi Passiva, dengan model pembelajaran Direct Instructiondosen dituntut untuk melakukan pengajaran secara langsung dalam mengajarkan keterampilan dasar dan di demonstrasikan langsung kepada mahasiswa dengan tahapan yang terstruktur. Selain menggunakan model pembelajaran Direct Instructionpenulis juga memadukan dengan menggunakan Games. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah empat kelas jurusan Pendidikan Akuntansi semester empat. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas A Pagi Prodi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one shot case stud.Dari hasil uji hipotesis secara parsialnya bahwa nilai Thitung Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction = 10.567 maka diperoleh t hitung > t tabel  atau 10.567> 2,201  dan signfikansi 0,000< 0,05. Dari hasil uji t tersebut, artinya terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games Terhadap MinatBelajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU T.A 2017/2018.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

LIAB

Publisher

Subject

Education

Description

Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian atau kajian teoritis yang memberikan informasi, ide-ide dan pendapat, selain analisis kritis kemajuan dalam penelitian pendidikan akuntansi. jurnal ini bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi ...