Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
Vol 7, No 1 (2017)

PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU (PENYUSUNAN RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Endah Yanuarti (SMK Muhammadiyah Tepus)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2018

Abstract

AbstrakPenelitian Tindakan Sekolah ini merupakan hasil pengalaman penulis, saat bulan Agustusyang lalu diadakan akreditasi di SMK Muhammadiyah Tepus, pada kenyataannyaada beberapa guru yang dalam penyusunan RPP masih kurang memenuhi tata carapenyusunan RPP yang baik. Sehingga adanya penelitian ini bertujuan meningkatkankompetensi pedagogik guru dalam penyusunan RPP melalui supervisi akademik di SMKMuhammadiyah Tepus. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini, hanya dilakukan di SMKMuhammadiyah Tepus dan untuk 5 orang guru yang memiliki latar belakang pendidikannon keguruan dan masa mengajar belum ada 2 tahun serta belum pernah ikut dalampelatihan penyusunan RPP. Penyusunan Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan dalamtiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dan refleksi, dan dilakukan minimaldalam dua siklus. Langkah-langkah PTS yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Melihat data perolehan hasil dalam kegiatan penelitian tindakan sekolahini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik berhasil meningkatkan kompetensipedagogik mereka dalam menyusun Perencanaan Pembelajaran.Kata kunci : Guru, Kompetensi pedagogik, Supervi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tajdidukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and ...