Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam
Vol 10, No 1 (2020)

Peningkatan hasil belajar PPKn melalui metode make a match kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Eny Widyastuti (SMA Muhammadiyah 2 YOGYAKARTA)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Make A Match pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus, dimana setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 20 siswa. Pemilihan subjek penelitian dilakukan karena nilai rata-rata kelas tersebut yang paling dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain. Teknik pengumpulan data mrnggunakan tes, observasi, wawancara, catatan lapangan. Berdasarkan hasil data yang sudah dianalisis metode pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas siklus I adalah 78,15 dan terdapat 55% siswa sudah mencapai KKM, pada siklus II nilai rata-rata kelas adalah 83,15 dan terdapat 75 % siswa yang sudah mencapai KKM sehingga indikator keberhasilan individu dan kelas telah terpenuhi pada akhir siklus kedua. Berdasarkan hasil analisis dapat dijelaskan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode Make A Match dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tajdidukasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan is a journal of Research and Education Study which contains Classroom Action Research (PTK), and School Action Research (PTS), and Interdisciplinary Education Study at Higher Education published by Muhammadiyah Majelis Pendidikan Dasar and ...