SOLID
Vol 9, No 1 (2019)

Perbedaan Metacognitive Awareness, Regulation dan Evaluation Siswa dalam Proses Problem Solving Melalui Diskusi Kelompok

Baiq Yuni Wahyuningsih (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2019

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana perbedaan kemampuan metakognitif yang diwujudkan dalam sikap awarenes, regulation dan evaluation yang dimiliki siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda dalam melakukan problem solving. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan kualitatif digunakan karena penelitian ini dilakukan dalam setting yang alamiah, peneliti akan memperhatikan setiap sikap/aktivitas yang dilakukan oleh siswa dalam melakukan problem solving secara diskusi kelompok tanpa ada perlakuan ataupun bimbingan sebelumnya. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang siswa kelas XI dengan tingkat kemampuan berbeda dan dikumpulkan dalam satu kelompok. Pemilihan dilakukan dengan melihat hasil belajar dan keaktifan dalam pembelajaran dengan bantuan pantauan dari guru mata pelajaran matematika. Proses pengumpulan data dilakukan melalui 5 tahap: Observasi, Dokumentasi, Tes (Pemberian masalah sebagai bahan diskusi), Rekaman Video dan Interview. Tes yang diberikan diselesaikan secara kelompok sebanyak 5 butir dan direkam secara keseluruhan untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan melakukan interview guna memilah dan memilih aktivitas siswa yang menunjukkan kemampuan awareness untuk memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 270 transkrip interview yang ada , aspek awareness yang ditunjukkan oleh kelima siswa adalah sebanyak 35 transkrip (13%), regulation 116 transkrip (42.9%) dan evaluation (119 transkrip (44.1%), Dengan rincian masing-masing siswa S1 sebanyak 50 transkrip (18,5%), S2 sebanyak 72 transkrip (26.7%), S3 sebanyak 25 transkrip (9.3%), S4 sebanyak  60 transkrip (22.2%) dan S5 sebanyak 63 transkrip (23.3%) Dengan kata lain semakin tinggi tingkat kemampuan siswa, semakin tinggi pula kemampuan metacognitive awareness, regulation, evaluation yang ditunjukkan.Kata Kunci: Metacognitive Awareness, Regulation, Evaluation dan Problem Solving  AbstractThe purpose of this study is to look at and describe how different metacognitive abilities are manifested in attitudes awarenes, regulations and evaluations that students have with different levels of ability to do problem solving. The research approach used is a qualitative approach with a type of descriptive research. Qualitative approaches are used because this research is conducted in natural settings, researchers will pay attention to each attitude / activity carried out by students in performing problem solving in group discussions without any previous treatment or guidance. The subjects in this study were 5 (five) students of class XI with different levels of ability and collected in one group. The selection is done by looking at the learning outcomes and activeness in learning with the help of observations from mathematics teachers. The process of data collection is carried out through 5 stages: Observation, Documentation, Tests (Giving problems as discussion material), Video Recording and Interview. The given test is completed in groups of 5 items and recorded as a whole to then be followed up by conducting interviews to sort and select student activities that show awareness ability to solve problems. The results showed that out of 270 interview transcripts available, the aspect of awareness shown by the five students was 35 transcripts (13%), 116 transcript regulations (42.9%) and evaluations (119 transcripts (44.1%), with details of each student S1 as many as 50 transcripts (18.5%), S2 as many as 72 transcripts (26.7%), S3 as many as 25 transcripts (9.3%), S4 as many as 60 transcripts (22.2%) and S5 as many as 63 transcripts (23.3%). high level of student ability, the higher the metacognitive awareness, regulation, evaluation shown.Keywords: Metacognitive Awareness, Regulation, Evaluation dan Problem Solving

Copyrights © 2019