Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata
Vol. 5 No. 2 (2018): Desember

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tema Kata Kerja Pronominal

Yeyen Mulyani (SMA Negeri 6 Cimahi)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Saat ini, pembelajaran berkelompok siswa cenderung memiliki beberapa dampak negatif yang sebetulnya hal tersebut bisa dihindari jika guru lebih dapat mempersiapkan serta menyusun metode kerja kelompok yang baik. Salah satu metode yang dapat digunakan ialah cooperative learning dengan model Numbered Head Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran di mana setiap putarannya terdiri atas empat tahap yaitu; rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu Siklus I (53%), Siklus II (75%), dan Siklus III (89%). Hasil rata-rata nilai Siklus I (70,14), Siklus II (74,58), dan Siklus III (80,42). Dengan demikian, dalam penelitian ini metode kooperatif model Numbered Head Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas XII IPA-4 SMAN 6 Cimahi, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Perancis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

barista

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Barista : Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata (ISSN 2356-1602; e-ISSN 2622-5999) is a peer-reviewed journal which is published by Unit Bahasa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (Language Unit of Bandung Tourism Institute). Barista aims at initiating and stimulating advances in Language and tourism ...