Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THEMATIC DOMINOES AS MEDIA IN ENRICHING STUDENTS’ VOCABULARY FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS GRADE SEVEN

Saputra, Aldino (Unknown)
Asty, Hervina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMakalah ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan sebuah media yaitu Thematic Dominoessebagai media pembelajaran.Sesuai perkembangan psikologinya, siswa SMP belum bisa belajar serius secara total. Untuk menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dalam suasana rileks dan menyenangkan, guru perlu memilih cara belajar yang tepat dan menarik bagi siswa. Salah satunya cara yang dapat diterapkan dalam pengajaran Bahasa Inggris bagi siswa yaitu melalui media pembelajaran yang disebut dengan “Thematic Domino Card atau Thematic Dominoes sebagai Media Pembelajaran”. Thematic Domino Card ini memiliki cara permainan yang tidak jauh berbeda dengan domino traditional. Didalam permainan Domino Card, satu kartu domino terdiri dari dua sisi seperti domino tradisional, tapi bedanya pada salah satu sisi kata dan sisi lain berisi kata-kata. Kata-kata tersebut berupa pertanyaan dan jawaban. Tapi sebagian dari pertanyaan dan jawabannya tidak sesuai. Disinilah siswa diajarkan untuk mencocokkan pertanyaan dengan jawaban yang sesuai. Siswa bisa bermain berpasangan atau berkelompok. Setiap kelompok masing-masing mendapat 5 atau 7 kartu domino. Penulis yakin bahwa permainan ini akan bermanfaat bagi guru dalam mengajar vocabulary untuk siswa SMP, diantaranya untuk menambah vocabulary dan meningkatkan motivasi siswa dengan cara yang menarik, menantang dan membuat siswa familiar dengan kosa kata baru.   

Copyrights © 2013