Communications
Vol 2 No 2 (2020): COMMUNICATIONS

Peran Humas PT. Pertamina (Persero) Dalam Membangun Komunikasi Dua Arah Yang Efektif

Riastri Novianita (Fakultas Ilmu dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika)
Cindya Yunita Pratiwi (Fakultas Ilmu dan Bahasa, Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

PT. Pertamina (Persero) sebagai perusahaan besar yang bergerak di bidang produk Bahan Bakar Minyak dan LPG, tidak dipungkiri akan melakukan kontak dengan pelanggan seperti bagaimana dalam menghandel segala bentuk pertanyaan dan keluhan pelanggan serta menjalin hubungan dengan masyarakat sekitar. Hal ini penting sebagai upaya untuk meningkatkan citra yang baik di mata masyarakat. Maka dari itu diperlukannya komunikasi dua arah yang efektif. Jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif, dalam mengumpulkan data peneliti melakukan penelitian dan juga studi dokumen yang ada. Menggunakan metode studi kasus karene peneliti ingin menguraikan bentuk fenomena yang ada serta menguraikan secara mendalam terkait bagaimana humas PT. Pertamina (Persero) membangun komunikasi. Dari hasil peneltian yang didapat, bahwa dalam menerapkan komunikasi yang baik, humas PT. Pertamina (Persero) memfasilitasi para pelanggan dengan menciptakan layanan pelanggan “customer care 135”, selain itu dalam memudahkan akses telah berjalan program digitalisasi SPBU yang diharapkan akan mempermudah konsumen dalam mendapatkan informasi. PT. Pertamina (Persero) juga tidak lupa dengan masyarakat sekitar dengan memberikan bantuan dalam rangka pencegahan dan juga penanganan covid-19 ke beberapa wilayah area kerja.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

communications

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Communications publishes research articles from various topics in communication sciences. The journal is an interdisciplinary space that accommodates this research related to communication science; which includes, but is not limited to, interpersonal communication, mass communication, advertising, ...