Teknomatika (Jurnal Teknologi dan Informatika)
Vol 6 No 2 (2016): Teknomatika Edisi September Vol 6 No 2 Tahun 2016

Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang Tepat Menggunakan Metode TOPSIS (Studi Kasus STMIK PalComTech Palembang)

Adelin, Adelin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2016

Abstract

UKM merupakan salah satu sarana yang dibentuk oleh pihak kampus sebagai upaya untuk memberdayakan potensi mahasiswa dan menumbuhkan kreatifitas mahasiswa di luar disiplin ilmu yang ditekuni. STMIK PalComTech merupakan salah satu perguruan tinggi yang memfasilitasi pengembangan minat dan bakat mahasiswa dalam bentuk UKM. UKM yang dibentuk ini tidak hanya bertujuan sebagai wadah penyaluran minat dan bakat mahasiswa, namun diharapkan dengan keberadaan UKM ini maka mahasiswa dapat menggali potensi yang ada serta berprestasi di bidang yang digelutinya tersebut. Dalam upaya memilih UKM yang tepat, maka dapat digunakan suatu Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan UKM. Metode Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) merupakan salah satu metode pendukung keputusan dengan konsep bahwa alternatif yang terbaik adalah alternatif yang tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif tetapi juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif yang akan memberikan rekomendasi pemberian penilaian yang sesuai dengan yang diharapkan. SPK dengan metode TOPSIS dapat dijadikan sebagai salah satu solusi bagi mahasiswa STMIK PalComTech dalam memilih UKM mana yang tepat berdasarkan minat, bakat dan potensi yang dimiliki. Dengan SPK pemilihan UKM ini diharapkan mahasiswa benar-benar mampu mengembangkan kemampuan soft-skill yang dimiliki berdasarkan minat dan bakat mereka, yang dapat digunakan sebagai bekal ketika masuk ke dunia kerja.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

teknomatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi dan Informatika (TEKNOMATIKA) dengan no terdaftar P-ISSN : 2087-9571, E-ISSN : 2541-335X diterbitkan secara berkala oleh STMIK PalComTech setiap 6 bulan sekali yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi hasil kajian/riset di bidang ...