Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 3 No 1 (2018): Vol 3 No. 1, April 2018, Adz-Zahab

SRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS HOME INDUSTRI KERIPIK PISANG DESA ALENANGKA KEC. SINJAI SELATAN (Studi Tentang Pangsa Pasar dan Persaingan Bisnis Syariah)

Salam (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi pengembangan bisnis homeindustri keripik pisang ditinjau dari pangsa pasar dan strategi pengembangan bisnis homeindustri keripik pisang ditinjau dari persaingan bisnis syariah di Desa Alenangka Kecamatan Sinjai Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan naturalistik yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah berdasarkan persepsi dan pemikiran orang secara individual, yang melibatkan pelaku bisnis dan pelaksana bisnis sebagai subjek. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi kemudian data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan tehnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Dalam mengembangakan usaha home industrikeripik pisang tersebut yaitu dengan melakukan promosi untuk memperkenalkan produk yang diperjual belikan bertujuan agar konsumen tertarik untuk membelinya. Usaha keripik pisang dipasaran sudah banyak yang melakukan, agar usahanya tersebut tidak mengalami kejenuhan di pasar maka keripik yang dibuat dengan inovasi aneka rasa sehingga masyarakat tidak bosan untuk menikmati keripik pisang tersebut. Selainitukemasanatau bungkus keripik pisang dibuat menarik agar dari segi luar dapat menarik pembeli. (2) Kerja sama yang terjalin dalam membangun usaha home industri keripik pisang di Desa Alenangka tersebut jika ditinjau dari bisnis syariah sudah memenuhi aturan yang ada karena didalam kerjasama tersebut dijelaskan mengenai pembagian hasilnya dimana bagi hasil antara para pemilik modal berdasar pada jumlah modal yang ditanamkandan selama usaha home industri ini dijalankan belum pernah terjadi kesalahan dalam pembagian keuntungan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

adz-dzahab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam memuat tentang kajian tentang ekonomi dan bisnis islam, bersifat syariah. dikelola oleh prodi Ekonomi Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November setiap tahun. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam menerbitkan artikel yang telah ...