Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 1 No No. 1 (2016): Adz-Dzahab Volume 1 Nomor 1 2016

ANALISIS KINERJA EKSPOR SEKTOR PERTANIAN DAN PERIKANAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (STUDI KASUS KABUPATEN SINJAI)

Muhammad Ikbal (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ekspor dengan melihat pangsa pasar dan daya saing yang dimiliki oleh sub sektor pertanian dan perikanan serta mengetahui pengaruhnya terhadap produk domestik regional bruto Kabupaten Sinjai . Data yang digunakan dalam peneitian ini adalah data sekunder mengenai sub sektor pertanian dan perikanan dan produk domestik regional bruto yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis shift share, Revealed Comparative Advantage (RCA) dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sektor pertanian dan perikanan di dalam susunan produk domestik regional bruto merupakan sektor andalan yang memiliki kinerja ekspor baik dari pangsa pasar maupun keunggulan daya saing yang dimilikinya serta memliki pengaruh yang sempurna terhadap produk domestik regional bruto.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

adz-dzahab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam memuat tentang kajian tentang ekonomi dan bisnis islam, bersifat syariah. dikelola oleh prodi Ekonomi Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November setiap tahun. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam menerbitkan artikel yang telah ...