Adz Dzahab : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Vol 3 No 2 (2018): Adz-Dzahab Volume 3 Nomor 2 Oktober 2018

TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP SISTEM PANJAR ANAK BUAH KAPAL (ABK) NELAYAN (STUDI KASUS: DI DESA TONGKE-TONGKE KECAMATAN SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI)

Muhammad Ikbal (Unknown)
Rosnaeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan tinjauan ekonomi Islam sistem panjar ABK nelayan di Desa Tongke- Tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan teori Ekonomi Islam. Adapun subjek penelitian ini adalahAnak Buah Kapal (ABK), Juragan Kapal, Pemilik Kapal dan Tokoh Agamadi Desa Tongke-Tongke dan objek penelitian ini adalah penerapan system panjar di Desa Tongke-Tongke. Teknik pengumpulan data: wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri .Adapun tekhnik analisis data yang digunakan adalah collection data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sistem panjar yang dilakukan oleh ABK nelayan di Desa Tongke-Tongke Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai hampir sama dengan utang piutang, dimana dalam islam di kenal dengan istilah al qard. Sistem panjar ini sebenarnya sama dengan utang piutang yang dilakukan oleh masyarakat umum, mereka melakukan sukarela tanpa ada paksaan dari pihak manapun, hanya saja utang piutang yang mereka lakukan adalah dengan adanya perjanjian bahwa ABK tersebut harus ikut pada kapal pemilik kapal tempat mengambil panjar. Namun jika ingin pindah ke kapal lain maka ABK harus melunasi dulu uang panjar yang telah diambil.(2) Pandangan Ekonomi Islam terhadap penerapan panjar ini adalah diperbolehkan dengan pertimbangan bahwa Allah Swt mempermudah segala urusan asalkan sesuai ketentuan hukum islam dan tidak akan mempersulit upaya pelaksanaannya. Itu mengandung maksud bahwa panjar diperbolehkan selama itu sudah disepakati oleh pihak-pihak yang terlibat dalam perjanjian. Selain itu tidak boleh merugikan salah satu pihak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

adz-dzahab

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam memuat tentang kajian tentang ekonomi dan bisnis islam, bersifat syariah. dikelola oleh prodi Ekonomi Syariah. Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan bulan November setiap tahun. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam menerbitkan artikel yang telah ...