Marine Kreatif
Vol 3, No 1 (2019): Marine Kreatif

PENGENALAN EDUCATIONS FISHERIES PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

Sunarni Sunarni (Universitas Musamus Merauke)
Nova Monika (Universitas Musamus Merauke)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Pembelajaran project based learning Merupakan proses pembelajaran  yang secara langsung melibatkan siswa untuk menghasilkan sesuatu. Abidin (2007) menjelaskan model pembelajaran ini memiliki karakteristik diantaranya; melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, menghubungkan pembelajaran dengan dunia nyata dan Diakhiri dengan menghasilkan  sebuah produk olahan ikan. Banyak masyarakat Merauke terutama anak-anak usia sekolah Lebih memilih produk makanan yang berasal dari  daging ayam, daging sapi ataupun daging rusa dari pada ikan. Maka  sangat perlu dilakukan  pemberdayaan  kepada anak-anak agar gemar makan ikan melalui kegiatan pengenalan educations Fisheries pada siswa sekolah dasar. Metode pelaksanaannya meliputi; kegiatan pengenalan tentang jenis-jenis ikan (Education Fisheries), manfaat makan ikan dan kegiatan cooking class. Hasil kegiatan pengabdian siswa dapat membedakan jenis-jenis ikan yang hidup di daerah estuari dengan jenis-jenis ikan yang hidup di air tawar maupun yang hidup di air laut, siswa dapat mengetahui manfaat makan ikan, serta siswa dapat mengetahui beberapa produk olahan dari ikan menjadi makanan yang menarik dan lebih digemari olah anak-anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mkreatif

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Marine Kreatif merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat, meliputi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan kelautan dan perikanan dalam arti luas, meliputi: 1. Ilmu dan Teknologi Kelautan 2. Budidaya Perairan (Akuakultur) 3. Teknologi Perikanan Tangkap 4. Teknologi Hasil ...