Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2013)

Perangkat Soal Berbasis Konflik Kognitif

Zulkarnain, Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2014

Abstract

Konflik kognitif adalah kesadaran individu tentang adanya ketidaksesuaian antara struktur kognitif mereka dengan informasi yang mereka hadapi. Konflik pada siswa dapat muncul secara  alami dan dapat juga direncanakan secara bermakna oleh guru, yang ditujukan untuk mengatasi kesalahan konsep siswa.  Memunculkan konflik kognitif dapat dilakukan diantaranya dengan menyajikan data ganjil. Dalam pembelajaran matematika, data ganjil dapat berupa soal-soal dengan struktur tidak lengkap (ill-structure).  Makalah ini mengetengahkan beberapa materi dalam topik aljabar  kelas sepuluh  yang berpotensi memunculkan  konflik kognitif disertai  beberapa contoh soalnya. Contoh-contoh soal ini dapat dijadikan  sebagai instrumen guna mengukur kemampuan pemahaman relasional

Copyrights © 2013