Infokes : Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
Vol 5 No 2 (2015): VOLUME 5, SEPTEMBER 2015

KAJIAN TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN ANATOMI FISIOLOGI YANG DITERAPKAN PADA MAHASISWA D3 APIKES CITRA MEDIKA SURAKARTADALAM SISTEM PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Liss Dyah Dewi Arini (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2015

Abstract

Pembelajaran adalah membangun pengalaman belajar mahasiswa dengan berbagai keterampilan proses sehingga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru, sedangkan kreatif dimaksudkan agar dosen mampu menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi dan mampu memberikan pelayanan pada berbagai tingkat kemampuan dan gaya belajar mahasiswa. Dalam suatu kegiatan belajar mengajar, interaktivitas antara materi pelajaran dan siswa merupakan bagian dari proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran Anatomi Fisiologi pada mahasiswa D3 APIKES Citra Medika dengan pembelajaran kooperatif menggunakan metode ceramah, diskusi dan pemutaran video yang berkaitan dengan pembelajaran dan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan dosen, sarana dan prasarana, efektifitas belajar, evaluasi beserta pendekatan dosen kepada mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Variabel-variabel yang digunakan meliputi kedisiplinan dosen, sarana dan prasarana, efektifitas belajar, evaluasi dan pendekatan dosen kepada mahasiswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa  APIKES Citra Medika Surakarta, sedangkan sampenya adalah mahasiswa  APIKES Citra Medika Surakarta yang dianggap mewakili seluruh populasi yaitu sekitar dua puluh mahasiswa Tehnik menentukan sampel adalah dengan menggunakan Sampling Purposif yaitu pemilihan sampel didasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai hubungan dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya dan memilih sampel berdasarkan kelompok, wilayah atau sekelompok individu. Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran Anatomi Fisiologi sudah efektif, namun perlu dikembangkan guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa, oleh sebab itu penulis berusaha  agar seluruhmahasiswa dan dosen dapat saling berdiskusi mengenai peningkatan kualitas pembelajaran dan memahami materi-materiyang diajarkan guna peningkatan kualitas belajar.Kata Kunci : Anatomi Fisiologi, kuesioner, kedisiplinan dosen, sarana dan prasarana, efektifitas belajar, evaluasi dan pendekatan dosen kepada mahasiswa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

infokes

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Medical Record Medical Informatics Health Policy and Management Midwifery Public Health Critical Care and Intensive Care Medicine ...