Matematika sangat berguna bagi kehidupan manusia akan tetapi, banyak peserta didik yang beranggapan bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, yang hanya dapat dikuasai oleh siswa yang pintar saja. Penggunaan suatu model pembelajaran yang tepat dapat membantu untuk menumbuhkan semangat belajar dan mendorong kemampuan berpikir siswa. Dengan bimbingan guru, model inkuiri diarahkan untuk siswa belajar mengidentifikasi, menggali, merumuskan, dan menemukan suatu konsep. Dengan demikian dapat membantu siswa menemukan cara belajar yang bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan pemahaman pada konsep himpunan sub pokok bahasan himpunan bagian dengan model pembelajaran inquiri pada siswa kelas VII B SMPN 2 Monta Tahun Pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian dikembangkan dengan menggunakan siklus dengan memanfaatkan soal evaluasi dan LKS sebagai instrumen penelitian. Adapun hasil penelitian ditemukan pemahaman konsep siswa dari siklus I 62,5% mengalami peningkatan I ke siklus II sebesar 100%. Sedangkan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model inkuiri menjadi sangat aktif.
Copyrights © 2019