Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer
Vol 2, No 02 (2018): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol.02 No.2 September 2018

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HP OPPO DI KABUPATEN POHUWATO

Lely Afiati (Unknown)
Kartini Muslimin Kartini Muslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2018

Abstract

Perilaku konsumen adalah proses yang di lalui oleh seseorang / organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan,mengevaluasi dan membuang produk atau jasa setelah di pakai untuk kebutuhannya. Perilau konsumen meliputi: Budaya, sosial, personal dan psikologis seseorang dalam rangka membuat keputusan pembelian HP OPPO sangatlah beragam. Oleh karena itu pihak perusahaan dalam hal ini adalah HP OPPO harus mampu menganalisa tentang faktor tersebut.Sampel penelitian adalah pengguna HP OPPO di Kabupaten Pohuwato. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data di analisis dengan menggunakan program SPSS.Hasil pengujian dan analisis adalah : Berdasarkan uji simultan variable Budaya (X1), variable Sosial, (X2), variable Personal (X3), dan variable Psikologis (X4) mempunyai F hitung sebesar (324,885 3,16 ). Ini berarti variable (Budaya, Sosial, Personal, Psikologis) berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian HP OPPO di Kabupaten Pohuwato.Variable Budaya (X1) mempunyai t hitung lebih besar dari t table (1.066 1,671). Ini berarti variable budaya berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian HP OPPO di Kabupaten Pohuwato.Variabel Sosial (X2) mempunyai t hitung kurang dari t table (–855 1,671). Ini berarti variable social berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian HP OPPO di Kabupaten Pohuwato.Variabel Personal (X3) mempunyai t hitung lebih kecil dari t tabel (0,295 1,671). Ini berarti variable Personal berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian HP OPPO di Kabupaten Pohuwato.Variabel Psikologis (X4) mempunyai t hitung lebih besar dari t tabel ( 10,999 1,671). Ini berarti variable psikologis berpengaru positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian HP OPPO di Kabupaten Pohuwato.Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Budaya, Sosial, Personal, Psikologis

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

EBK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer (JEBK) memberikan ruang selebar-lebarnya kepada para calon kontributor untuk mempublikasikan hasil riset dalam bentuk dengan penelitian teoritis (conceptual works) ataupun penelitian terapan/aplikasi pada topik yang berkaitan dengan penelitian, praktik, ...