Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3 No 3 (2018)

PENGARUH KETAATAN PADA TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Apriliyanto, Broto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

Hasil belajar Matematika dipengaruhi faktor internal dan eksternal dari diri siswa. Salah satu faktor internal yang berpengaruh adalah sikap tertib dalam belajar dan kegiatan pembelajaran. Tata tertib sekolah diharapkan mampu mengarahkan siswa pada perilaku yang taat dan disiplin terhadap peraturan yang berlaku yang akhirnya berimbas pada ketertiban dalam belajar. Potensi dan prestasi siswa dalam belajar diharapkan dapat berkembang dengan adanya kedisiplinan belajar yang baik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Disiplin merupakan aspek yang penting dalam belajar Matematika karena siswa mendapat kesempatan untuk melatih diri berpikir yang tertib, taat azaz, dan sistematis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional yang melibatkan 30 siswa SMA Negeri 1 Wuryantoro sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dan ketaatan siswa sudah baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketaatan siswa terhadap tata tertib sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Edudikara

Publisher

Subject

Other

Description

Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan ...