Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan penguasaan kosakatasecara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi bahasa Indonesia. Rancangan penelitianyang digunakan melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas,yaitu motivasi belajar dan penguasaan kosakata serta satu variabel terikat, yaitu kemampuanmenulis narasi bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan antara motivasi belajar dan penguasaan kosa kata terhadap kemampuan menulis narasiBahasa Indonesia, dengan koefisien korelasi sebesar 0,524 dan koefisien determinasi 0,275 atau27,5%. Motivasi belajar dan penguasaan kosakata secara bersama-sama mempengaruhikemampuan menulis narasi Bahasa Indonesia. Persamaan regresi yang dihasilkan ÌŒdapat diartikan bahwa semakin tinggi motivasi belajar siswa maka semakin baikkemampuan menulis narasinya dan semakin tinggi penguasaan kosakata semakin baguskemampuan menulis narasinya.
Copyrights © 2016