Pada penelitian ini penyusun mengambil judul Pelayanan dan Cita Rasa Terhadap KepuasanKonsumen, dengan menyebar kuisoner kepada 80 responden secara acak dengan metode analisisdata yang menggunakan regresi dan korelasi sederhana, berganda, uji T dan uji F.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yangsahih atau valid, benar dan dapat dipercaya seberapa jauh hubungan antara Pelayanan dengan CitaRasa Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Bebek Kaleyo, Jatiwaringin. Setelahdilakukan pengumpulan dan pengolahan data hasil survey yang diperoleh persamaan regresiberganda : Y= 20,181 + 0,253X 1 + 0,284X 2 , dan dapat diketahui: Nilai a = 12,770, artinya apabilatidak dilakukan faktor Pelayanan (X 1 ) dan Cita Rasa (X 2 ) maka Kepuasan Konsumen sebesar20,181. Nilai b 1 = 0,253 artinya setiap perubahan Pelayanan (X 1 ) senilai 1 satuan akanmeningkatkan Kepuasan Konsumen sebanyak 0,253 bila Cita rasa (X 2 ) konstan dan niali b 2 =0,259, artinya setiap perubahan Cita rasa (X 2 ) senilai 1 satuan akan meningkatkan KepuasanKonsumen sebanyak 0,284 bila Pelayanan (X 1 ) konstan. Dari hasil perhitungan koefisien korelasiberganda r = 0,723, yang menunjukan adanya hubungan yang cukup kuat dan positif. Dengandiperolehnya kd (r 2 ) = 29,2%, dapat dinyatakan bahwa Pelayanan dan Cita rasa dengan KepuasanKonsumen adalah 29,2%, sedangkan sisanya 70,8% dipengaruhi faktor–faktor lain dalam bauranpemasaran. Berdasarkan uji F, Ha diterima dan Ho ditolak karena F hitung = 15,163 > F tabel = 2,72artinya terdapat hubungan antara Pelayanan (X 1 ) dan Cita rasa (X 2 ) terhadap Kepuasan Konsumen(Y).Dengan nilai kd maupun kontribusi yang diberikan Pelayanan dan Cita rasa terhadapKepuasan Konsumen menunjukkan bahwa ketetapan yang dilakukan Rumah Bebek KaleyoJatiwaringin cukup baik, tetapi masih banyak faktor atau variabel lain yang tidak dimasukkandalam penelitian ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut oleh peneliti lain. Hal ini dikarenakanadanya kepuasan konsumen disebabkan oleh banyak faktor dalam bauran pemasaran.
Copyrights © 2018