Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan
Vol 14, No 2 (2018): Edisi November 2018

DETERMINAN FAKTOR KEPUASAN MAHASISWA KELAS INTERNASIONAL FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PADJADJARAN

Nugroho, Achmad Ardhi (Unknown)
Maryana, Lina (Unknown)
Muizu, Wa Ode Zusnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2018

Abstract

Perkembangan peguruan tinggi di Indonesia terus meningkat baik dari segi kualitas dan berbagai faktor lainnya yang mampu meningkatkan persaingan baik secara nasional maupun internasional. Daya saing Perguruan Tinggi di Dalam Negeri terus didorong pada pencapaian tata kelola dan layanan pendidikan yang berkualitas. Untuk mampu menjawab tantangan menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional maka setiap perguruan tinggi harus memiliki kelas internasional yang memiliki pelayanan bertaraf internasional pula. Penelitian ini menjadikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad sebagai objek penelitian yang mana memiliki program Sarjana Kelas Internasional (IUP) sejak tahun akademik 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tingkat kepuasan, mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi kepuasan, serta mengetahui faktor apa saja yang harus ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa kelas Internasional FEB Unpad. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu desktiptif dengan pengolahan data kuantitatif. Dari hasil analisis yang dilakukan diperoleh bahwa kualitas pelayanan dapat dinilai dari lima dimensi dengan hasil yaitu dimesi assurance (75%), tangible (66%) dan empathy (63%), realibility (59%) dan responsiveness (57%) mahasiswa kelas internasional. Hal tersebut menunjukan bahwa factor-faktor kepuasan mahasiswa kelas Internasional FEB Unpad yang masih perlu ditingkatkan yaitu realibility dan responsiveness.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jebt

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JEBT is a place for Accounting, Management, Economics, and sharia economic studies related to business practices including taxation aspects so that they can contribute to practitioners and academics in the field of business and applied ...