Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan
Vol 15, No 2 (2019): Edisi November 2019

IMPLEMENTASI KONSEP STUDENT CENTERED LEARNING PADA PROGRAM VOKASI AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN

Winarningsih, Srihadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Teacher Centered Learning adalah sistem pembelajaran yang memfokuskan kegiatan pada dosen, sehingga alih pengetahuan hanya dilakukan satu arah dari dosen ke mahasiswa. Ini berbeda dengan Student Centered Learning (SCL), karena dalam SCL kegiatan belajar mengajar terpusat pada siswa sebagai subjek yang akan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan melakukan wawancara dan menyebarkan kuesioner kepada dosen dan mahasiswa untuk mengetahui penerapan SCL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Dosen dan mahasiswa umumnya setuju dengan konsep SCL sebagai metode pembelajaran dalam program kejuruan Akuntansi dan Perpajakan, (b) Metode SCL jika diterapkan dengan benar dapat meningkatkan Softskill siswa, (c) Metode yang paling SCL yang sering diterapkan adalah: Studi kasus, Pembelajaran Berbasis Masalah, Instruksi Kontekstual, dan SGD (Diskusi Kelompok Kecil)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jebt

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JEBT is a place for Accounting, Management, Economics, and sharia economic studies related to business practices including taxation aspects so that they can contribute to practitioners and academics in the field of business and applied ...