Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan
Vol 15, No 2 (2019): Edisi November 2019

PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, JOB RELEVANT INFORMATION DAN MOTIVASI KERJA KEPADA KINERJA MANAJERIAL (STUDI KASUS PADA INSTANSI PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG)

Mandira, Alif (Unknown)
Hasyir, Dede Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh partisipasi penganggaran, informasi terkait pekerjaan, dan motivasi kerja terhadap kinerja manajerial, yang dilakukan di Kota Bandung. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, dengan total 45 kuesioner dikumpulkan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Sederhana dan Analisis Regresi Residual dibantu oleh perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Dari metode regresi linier sederhana, partisipasi penyusunan anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial sebesar 71,7 persen. (2) Berdasarkan metode regresi linier berganda dengan menggunakan regresi berganda yang dimoderasi, Informasi Terkait Pekerjaan tidak memoderasi pengaruh pada partisipasi anggaran dan hubungan kinerja manajerial. Jumlahnya 45,6 persen tetapi tidak signifikan. (3) Berdasarkan metode regresi linier berganda dengan menggunakan regresi berganda yang dimoderasi, Motivasi Kerja memiliki pengaruh moderasi 76,6 persen terhadap partisipasi penganggaran dan hubungan kinerja manajerial dan jumlah ini signifikan. (4) Secara bersamaan, Partisipasi Anggaran, Informasi Terkait Pekerjaan, dan Motivasi Kerja berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jebt

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JEBT is a place for Accounting, Management, Economics, and sharia economic studies related to business practices including taxation aspects so that they can contribute to practitioners and academics in the field of business and applied ...