PT. Hasrat Lestari Gemilang (PT. HLG) adalah perusahaan yang bergerak di bisnis perjalanan wisata dalam negeri maupun luar negeri, berdiri di tahun 2018. Permasalahan yang dihadapi adalah belum memiliki strategi bisnis yang telah melalui proses analisis. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis lingkungan internal eksternal serta memberikan rekomendasi untuk menerapkan strategi yang tepat. Penelitian ini juga ditujukan untuk membantu perusahaan mencapai visi dan misi yang diharapkan tercapai pada tahun 2025. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara seluruh karyawan PT. HLG untuk memperoleh gambaran lengkap mengenai kondisi internal eksternal yang mempengaruhi perkembangan perusahaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan Resource-Based View dan metode scanning, monitoring, forecasting, dan assessing, serta matriks SWOT. Hasil analisis SWOT adalah 2.47 untuk penilaian analisis lingkungan internal dan 3.50 untuk penilaian analisis lingkungan eksternal. Strategi bisnis yang sesuai adalah penetrasi pasar, pengembangan produk, pengembangan pasar, dan integrasi horisontal
Copyrights © 2020