SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Vol 2, No 2 (2016): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains

PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SAINS SISWA SD

Astuti Mahardika (PGSD Universitas Muhammadiyah Magelang)
M. Minan Chusni (UIN Sunan Gunung Djati)
Galih Istiningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2017

Abstract

Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan pembelajaran IPA berbasis proyek mampu meningkatkan aktivitas sains siswa. (2) Mengetahui besar peningkatan aktivitas sains siswa setelah menerapkan pembelajaran IPA berbasis proyek. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Adapun langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang diambil adalah kelas V SD Negeri Girirejo 2, Tempuran, Magelang. Pada saat berlangsungnya penelitian dilakukan pengamatan terhadap aktivitas sains siswa dan penguasaan konsep siswa, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan digunakan sebagai ukuran keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diungkapkan di bagian depan disimpulkan bahwa : (1) Melalui implementasi model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas sains siswa kelas V SD Negeri Girirejo 2 Tempuran, sehingga mampu memperbaiki serta meningkatkan kualitas pembelajaran tentang sistem pencernaan makanan pada manusia. (2) Rata-rata hasil penilaian aktivitas sains siswa kelas V SD Negeri Girirejo 2 Tempuran sebesar 86,9 pada siklus I dan 86,3 pada silus II. Kata kunci : pembelajaran ipa berbasis proyek, PBL, aktivitas sains

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

spek

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics

Description

The Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this journal are: Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Media Development and Learning, Model Evaluation and ...