Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagairnanapenerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat danprestasi belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan JasmaniOlahraga dan Kesehatan dl Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Patumbakdan apakah penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkanminat dan prestasi belajar siswa pada matapelajaran PendidikanJasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1Patumbak Tahun Pelajaran 20 14/2015. Manfaat Penelitian: 1 Untukmeningkatkan prestasi belajar siswa pada matapelajaran PendidikanJasmani Olahraga dan Kesehatan 2.Untuk meningkatkanprofesionalisme guru Pendidikan Jasmant Olahraga dan Kesehatan3. Untuk meningkatkan mutu pendichkan pada umumnya. ProsedurPenelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalarn 2 (dua) siklusdengan 4 tahapan yaitu: 1)Planning/Perencanaan; 2)Acting/Tindakan; 3)Observing/Pengamatan; 4) Reflekting/Refleksi;Hal-ha1 yang belum memuaskan akan direfleksikan sebagai bahanperbaikan pengajaran pada siklus berikutnya. Hasil PenelitianTindakan Kelas: 1. Metode Detnonstrasi telah dapat meningkatkanminat belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan JasmaniOlahraga dan Kesehatan di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Paturnbak,dibuktikan dari hasil observasi terhadap 35 orang siswa bahwaKategori Minat Belajar Rendah berkurang dari 40% pada Siklus Imenjadi 14,29% pada Siklus II; sedangkan disisi lain Kategori MinatBelajar Sedang meningkat dari 45,71% pada Siklus I menjadi 51,43%pada Siklus II, demikian juga Kategori Minat Belajar Tinggimeningkat dari 14,29% pada Siklus I menjadi 34,29% pada SiklusII.2. Metode Demonstrasi telah dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Patumbak, dibuktikandengan jumlah siswa yang memperoleh hasil belajar Amat Baikmengalamai peningkatan dari 5,71% pada siklus I meningkatmerjadi 34,29% pada siklus ke II. Demikian juga jumlah siswa yangmemperoleh hasil belajar Baik bertambah dari 34,29% pada siklus I menjadi 51,43% pada siklus ke II, sedangkan jumlah siswa yangmemperoleh hasil belajar Cukup berkurang dari 40% pada siklus Imenjadi 14,29% pada siklus ke II, demikian juga jurnlah siswa yangmemperoleh hasil belajar Kurang mengalami pengurangan dari 20 %pada siklus I menjadi tidak ada lagi pada siklus ke II. Karena itupeneliti memberikan saran sebagai berikut: l.Berkaitan dengan usahapeningkatan minat dan prestasi belajar bagi siswa sebaiknyamenerapkan metode Demonstrasi. 2.Kepada Komite Sekolah danDinas Pendidikan agar memberikan motivasi kepada guru-guruuntuk melakukan penelitian tindakan kelas.
Copyrights © 2019