Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Vol 1 No 1 (2019): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 1 PATUMBAK

Daslan Gultom (SMP Negeri 1 Patumbak)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagairnanapenerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkan minat danprestasi belajar siswa pada matapelajaran Pendidikan JasmaniOlahraga dan Kesehatan dl Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Patumbakdan apakah penerapan metode Demonstrasi dapat meningkatkanminat dan prestasi belajar siswa pada matapelajaran PendidikanJasmani Olahraga dan Kesehatan di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1Patumbak Tahun Pelajaran 20 14/2015. Manfaat Penelitian: 1 Untukmeningkatkan prestasi belajar siswa pada matapelajaran PendidikanJasmani Olahraga dan Kesehatan 2.Untuk meningkatkanprofesionalisme guru Pendidikan Jasmant Olahraga dan Kesehatan3. Untuk meningkatkan mutu pendichkan pada umumnya. ProsedurPenelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalarn 2 (dua) siklusdengan 4 tahapan yaitu: 1)Planning/Perencanaan; 2)Acting/Tindakan; 3)Observing/Pengamatan; 4) Reflekting/Refleksi;Hal-ha1 yang belum memuaskan akan direfleksikan sebagai bahanperbaikan pengajaran pada siklus berikutnya. Hasil PenelitianTindakan Kelas: 1. Metode Detnonstrasi telah dapat meningkatkanminat belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan JasmaniOlahraga dan Kesehatan di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Paturnbak,dibuktikan dari hasil observasi terhadap 35 orang siswa bahwaKategori Minat Belajar Rendah berkurang dari 40% pada Siklus Imenjadi 14,29% pada Siklus II; sedangkan disisi lain Kategori MinatBelajar Sedang meningkat dari 45,71% pada Siklus I menjadi 51,43%pada Siklus II, demikian juga Kategori Minat Belajar Tinggimeningkat dari 14,29% pada Siklus I menjadi 34,29% pada SiklusII.2. Metode Demonstrasi telah dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga danKesehatan di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Patumbak, dibuktikandengan jumlah siswa yang memperoleh hasil belajar Amat Baikmengalamai peningkatan dari 5,71% pada siklus I meningkatmerjadi 34,29% pada siklus ke II. Demikian juga jumlah siswa yangmemperoleh hasil belajar Baik bertambah dari 34,29% pada siklus I menjadi 51,43% pada siklus ke II, sedangkan jumlah siswa yangmemperoleh hasil belajar Cukup berkurang dari 40% pada siklus Imenjadi 14,29% pada siklus ke II, demikian juga jurnlah siswa yangmemperoleh hasil belajar Kurang mengalami pengurangan dari 20 %pada siklus I menjadi tidak ada lagi pada siklus ke II. Karena itupeneliti memberikan saran sebagai berikut: l.Berkaitan dengan usahapeningkatan minat dan prestasi belajar bagi siswa sebaiknyamenerapkan metode Demonstrasi. 2.Kepada Komite Sekolah danDinas Pendidikan agar memberikan motivasi kepada guru-guruuntuk melakukan penelitian tindakan kelas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jetl

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Education and Teaching Learning (JETL) invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to education, which include textual and field studies with various perspectives, Education Management, Education Policy, ...