Journal of Education and Teaching Learning (JETL)
Vol 1 No 2 (2019): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS IX-4 SMP NEGERI 1 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2014/2015

Minda Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2020

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi tata surya di kelas IX-4 SMP Negeri 1 Pancur Batu T.A 2014/2015. Penelitian ini dilakukan MP Negeri 1 Pancur Batu, dengan jenis penelitian yaitu “Penelitian Tindakan Kelas”. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-4 yang berjumlah 35 orang, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example, dan data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi Berdasarkan tes awal (pretes) yang dilakukan terhadap 35 siswa terdapat 10 siswa (28,57%) yang mengalami ketuntasan belajar dan 25 siswa (71,43%) yang tidak tuntas dalam belajar dengan perolehan nilai rata-rata 54,9. Pada siklus I terdapat sebanyak 17 siswa (48,57%) yang tuntas dan sebanyak 18 siswa (51,43%) yang termasuk kategori tidak tuntas dengan perolehan nilai rata-rata 63,42. Pada siklus II terdapat 29 siswa (82,86%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 6 siswa (17,4%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar namun perolehan nilai rata-rata sudah mencapai 74,8.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi tata surya di kelas IX-4 SMP negeri 1 Pancur Batu T.A 2014/2015.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jetl

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Education and Teaching Learning (JETL) invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to education, which include textual and field studies with various perspectives, Education Management, Education Policy, ...