Jurnal Cafetaria
Vol 1 No 2 (2020): JURNAL CAFETARIA

ANALISIS PENGARUH SIMPANAN ANGGOTA DAN PINJAMAN ANGGOTA TERHADAP PEROLEHAN SISA HASIL USAHA (STUDI KASUS PADA KSP KREDIT UNION JEMBATAN KASIH TANJUNG BALAI KARIMUN PERIODE TAHUN 2016-2018)

Fauzan Haqiqi (Unknown)
Raja Nanda Alkausar (Unknown)
Yusmalina (Unknown)
Azmia Laily (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2020

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam Credit Union Jembatan Kasih adalah suatu koperasi yang bergerak dibidang simpan pinjam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun secara simultan antara simpanan anggota dan pinjaman anggota terhadap perolehan SHU pada KSP Credit Union Jembatan Kasih, yang diukur dari variabel-variabel simpanan anggota dan pinjaman anggota. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mengguunakan data sekunder. Data akan dianalisa dengan metode statistik deskriptif dan regresi linier berganda, dengan mengunakan SPSS 22. Pada penelitian ini populasi yang diambil adalah laporan keuangan CUJK Tanjung Balai Karimun tahun 2016-2018 dengan sampel sebanyak 33. Hasil analisa regresi berganda menunjukan bahwa variabel yang terdiri dari Simpanan Anggota (X1), Pinjaman Anggota (X2) secara parsial tidak berpengaruh terhadap SHU (Y) KSP Credit Union Jembatan Kasih. Namun, secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap SHU (Ys). Berdasarkan uji analisis determinasi diperoleh angka R2 sebesar 0,056 atau 5,6%. Berdasarkan uji t pada variabel simpanan anggota terhadap SHU diperoleh nilai thitung 0,004 < ttabel 2,042 dan pada variabel pinjaman anggota terhadap SHU diperoleh nilai thitung 1,140 < ttabel 2,042. Berdasarkan uji F diperoleh nilai Fhitung 0,897 dengan nilai sig 0,418 maka nilai sig 0,418 > 0,05.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

akuntansi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Cafetaria sebagai wadah berisi berbagai hasil penelitian Dosen, Mahasiswa, Alumni serta pihak lain terkait dengan keilmuan di Bidang Akuntansi dan Perekonmian pada umumnya. Cafetaria diambil dari Bahasa Inggris Jermatik pada abad pertengahan dikawasan Eropa Barat. Cafetaria merupakan tempat ...