Sosial : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 20, No 2 (2019): JURNAL SOSIAL

METODE PARTICIPATORY ORIENTED DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA MENDAK KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

Widiantari, Maria Magdalena (Unknown)
Hasan, Fikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

AbstrakPartisipasi adalah tingkat keterlibatan anggota dalam mengambil keputusan, termasuk dalam perencanaan. Penggalangan partisipasi itu dilandasi adanya pengertian bersama dan adanya pengertian tersebut adalah karena diantara orang-orang itu saling berkomunikasi dan berinteraksi sesamanya. Dalam menggalang peran serta semua pihak itu diperlukan upaya untuk menciptakan suasana yang bebas atau demokratis, dan terbinanya rasa kebersamaan. Dalam 2 (dua) tahun terakhir, Desa Mendak Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun tengah mengembangkan lokasi wisata Watu Rumpuk yang ke depan diharapkan berkembang menjadi desa wisata. Untuk mewujudkan terbentuknya desa wisata, diperlukan sinergi antara pemerintah desa dengan masyarakat setempat, dimana rasa saling pengertian dan pemahaman terhadap tujuan yang sama sangat diperlukan.Penelitian ini mengkaji karakter mendasar masyarakat desa Mendak untuk mengetahui orientasi partisipasi terhadap pembangunan desa sehingga dapat diketahui dan disusun suatu strategi atau metode partisipasi yang tepat untuk diterapkan dalam rangka mempercepat terwujudnya desa wisata Mendak dengan ikon utama destinasi wisata Watu Rumpuk. Kajian dilakukan dengan menggunakan teori participatory oriented methods khususnya metode strategic extension campaign (SEC) Kata kunci : desa wisata; SEC; metode partisipasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Social Affairs (Print ISSN 1411-53441, Online ISSN 2580-1198) contains manuscripts of research results, conceptual agreements, critical analysis in the field of social science, conceptual studies of critical analysis and book reviews in the social ...