Sosial : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 21, No 1 (2020): JURNAL SOSIAL

Selfie : Mediatisasi Tubuh Perempuan Berjilbab Seksi Dalam Instagram

Kurniawati, Juliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2020

Abstract

Abstract— Aktivitas Selfie yang dilakukan oleh perempuan berjilbab merupakan ranah yang menarik untuk dikaji. Perempuan berjilbab dengan tubuhnya mengusung seperangkat aturan dan norma-norma agama yang menghendaki untuk dipatuhi. Sebagaimana layaknya perempuan yang aktif berjejaring sosial di Instagram maka aksi foto selfie menjadi keniscayaan demikian pula bagi perempuan berjilbab. Tulisan ini mengkaji mengenai praktek mediatisasi tubuh perempuan berjilbab seksi melalui foto selfie dalam Instagram. Pertanyaan yang diajukan dalam tulisan ini adalah “bagaimana praktek mediatisasi dalam foto selfie perempuan berjilbab yang diunggah dalam Instagram dengan hashtag/tagar #jilboob dan #hijaboob?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka akan dilakukan kajian terhadap akun-akun yang terkait dengan #jilboob dan #hijaboob. Kajian ini menggunakan pendekatan teori mediatisasi dari Stig Hjarvard. Hasil yang didapatkan terjadi perubahan dalam cara perempuan menunjukkan citra dirinya melalui logika media. Praktek mediatisasi perempuan berjilbab seksi sebagai sebuah fenomena global yang difasilitasi oleh media. Penggunaan jilbab tidak terkait dengan simbol agama hanya sebagai aksesories belaka. Keywords—: selfie; mediatisasi; perempuan berjilbab; seksi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Social Affairs (Print ISSN 1411-53441, Online ISSN 2580-1198) contains manuscripts of research results, conceptual agreements, critical analysis in the field of social science, conceptual studies of critical analysis and book reviews in the social ...